Khasiat Di Balik Tanaman Kumis Kucing

Khasiat Di Balik Tanaman Kumis Kucing | Kesih Maulidah - Di Indonesia banyak sekali tanaman - tanaman yang tumbuh dan berkembang, dan banyak pula tanaman yang memiliki khasiat yang sangat penting untuk pengobatan, salah satunya tanaman sirih, tanaman jahe, tanaman alang - alang dan tanaman kumis kucing.

Tanaman kumis kucing atau biasa di kenal dengan Orthosiphon aristatus tanaman ini merupakan salah satu tanaman asli Indonesia yang di jadikan obat yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan yang sangat banyak dan dapat mengobati berbagai penyakit.

Tanaman Kumis Kucing

Tanaman ini adalah tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah dan tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. Banyak sekali daerah menamakan tanaman ini salah satunya daerah Melayu Sumatra menyebutnya dengan nama Kumis kucing, Sunda (Kumis kucing), Jawa ( remujung), Madura (sesalaseyan/songkot konceng).

CIRI - CIRI

Kumis kucing termasuk terna tegak, pada bagian bawah berakar di bagian buku-bukunya dan tingginya mencapai 2 meter.  Batang bersegi empat agak beralur berbulu pendek atau gundul. Helai daun berbentuk bundar atau lojong, lanset, bundar telur atau belah ketupat yang dimulai dari pangkalnya, ukuran daun panjang 1 – 10 cm dan lebarnya 7.5mm – 1.5 cm.

Budidaya Tanaman Kumis Kucing
Urat daun sepanjang pinggir berbulu tipis atau gundul, dimana kedua permukaan berbintik-bintik karena adanya kelenjar yang jumlahnya sangat banyak, panjang tangkai daun 7 - 29 cm.
Ciri khas tanaman ada pada bagian kelopak bunga berkelenjar, urat dan pangkal berbulu pendek dan jarang sedangkan di bagian yang paling atas gundul. Bunga bibir, mahkota yang bersifat terminal yakni berupa tandan yang keluar dari ujung cabang dengan panjang 7–29 cm, dengan ukuran panjang 13 – 27mm, di bagian atas ditutupi oleh bulu pendek berwarna ungu dan kemudian menjadi putih, panjang tabung 10 – 18mm, panjang bibir 4.5 – 10mm, helai bunga tumpul, bundar.

Benang sari ukurannya lebih panjang dari tabung bunga dan melebihi bibir bunga bagian atas. Buah geluk berwarna coklat gelap, panjang 1.75 – 2mm. 2.3. gagang berbulu pendek dan jarang, panjang 1 mm sampai 6 mm.

Khasiat dari tanaman kumis kucing ini sangat banyak sekali manfaatnya salah satunya memperlancar air kemih, mengobati rematik, mengobati batuk, encok, masuk angin dan sembelit, untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

Tanaman kumis kucing ini biasanya tumbuh diatas ketinggian 500 - 1.200 M.Dan tanaman ini biasanya tumbuh pada 3 iklim tertentu.
  1.  Curah hujan yang ideal bagi pertumbuhan tanaman ini adalah lebih dari 3.000 mm/tahun.
  2. Dengan sinar matahari penuh tanpa ternaungi. Naungan akan menurunkan kadar ekstrak daun.
  3. Keadaan suhu udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah panas sampai sedang.
Tanaman kumis kucing ini mudah tumbuh di lahan - lahan pertanian, sebaiknya pilih lah tanah yang gembur, subur, banyak mengandung humus/ bahan organik dengan tata air dan udara yang baik. Dan tanaman ini sangat baik di budidayakan dengan tanah Andosol dan Latosol.

Tanaman Asli Indonesia

Di setiap tanaman yang tumbuh pasti memiliki sedikit gangguan seperti hama dan penyakit yang mengganggu tanaman itu tumbuh menjadi besar dan subur. Seperti halnya tanaman kumis kucing ini memiliki hama dan penyakit seperti kutu daun, dan ulat daun yang merusak tanaman kumis kucing ini untuk tumbuh. Begitu juga dengan penyakit yang menyerang di sebabkan oleh jamur upas, jamur ini sering menyenarng batang atau cabang tanaman yang berkayu.

Pengendaliannya dengan cara melakukan perbaikan tata air, meningkatkan kebersihan kebun memotong bagian yang sakit/ terkena hama dan penyakit. Disamping itu pengendalian bisa dilakukan secara Organic, pengendalian tersebut sudah di muat dan dijelaskan oleh situs Wikipedia.

Setelah saya mengetahui begitu banyak khasiat dibalik tanaman kumis kucing ini saya dan orang tua saya langsung saja mencari dan menanam tanaman ini di depan rumah ku.

Itu sedikit info untuk sahabat semua tentang khasiat dari tanaman asli Indonesia yaitu tanaman kumis kucing. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang tananam - tanaman asli Indonesia yang banyak sekali manfaat dan khasiatnya.

Saya ucapkan banyak terima kasih untuk sahabat yang setia mampir di halaman blog Kesih Maulidah terima kasih see you next time.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Khasiat Di Balik Tanaman Kumis Kucing"

Posting Komentar