Tanaman Sirih Kaya Akan Manfaat

Tanaman Sirih Kaya Akan Manfaat | Kesih Maulidah - Siapa yang gak kenal dengan tanaman asli Indonesia ini. Ya, biasa orang indonesia menyebutnya dengan nama tanaman sirih atau tanaman suruh.

Tanaman sirih adalah salah satu tanaman asli yang berasal dari Indonesia. Biasanya tanaman ini tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon yang lainnya.

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai obat dalam kehidupan sehari-hari dan sangat berperan pada upacara adat warga rumpun melayu. Daerah yang banyak membudidaya tanaman sirih ini berada di Kepulauan Riau.

Ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam sehelai daun sirih ini. Diantaranya yang telah dikutip oleh situs Wikipedia yaitu Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Tanaman Sirih

Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung.

Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Selain itu juga, tanamn sirih bermanfaat sebagai obat :
  1.     Batuk
  2.     Sariawan
  3.     Bronchitis
  4.     Jerawat
  5.     Keputihan
  6.     Sakit gigi karena berlubang
  7.     Demam berdarah
  8.     Bau mulut
  9.     Haid tidak teratur
  10.     Asma
  11.     Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
  12.     Gusi bengkak (getahnya)
  13.     Membersihkan Mata
  14.     Bau ketiak
Selain manfaat di atas tanaman sirih juga bisa mengobati badan bagian luar seperti :
  1. Eksem
  2. Luka bakar
  3. Koreng (pyodermi)
  4. Kurap kaki
  5. Bisul
  6. Mimisan
  7. Sakit mata
  8. Perdarahan gusi
  9. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
  10. Menghilangkan gatal
Itulah tadi manfaat dari tanaman sirih atau tanaman suruh, masih banyak tanaman yang berguna sebagai obat yang tumbuh di Indonesia contohnya seperti tanaman suruh, temu lawak, lidah buaya, tanaman kumis kucing dan masih banyak lagi.
semoga apa yang sampaikan bisa bermanfaat untuk sahabat semua dan bisa menambah wawasan dan ilmu kita. Aamiin :)
Sekian dan terima kasih :) See you :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tanaman Sirih Kaya Akan Manfaat"

Posting Komentar